Apa itu IC -->

Apa itu IC

Sorayakit
22 December 2016

IC atau Integrated Circuit adalah komponen elektronika paling aktif, biasanya bekerja dengan fungsi yang telah ditentukan sebelumnya. Ic adalah sirkuit elektronik terintegrasi,  dibuat dari silikon dan dibangun dari banyak kumpulan komponen pasif seperti resistor dioda, kapasitor dan komponen aktif transistor. IC adalah jantung dan otak di rangkaian elektronika. Ic banyak ditemukan di pcb microcontroler, driver printer. bentuknya hitam pipih, dengan kaki kaki rapih berjajar dan ada yang mirip kelabang.. :)




Contoh IC



IC yang dipasang di PCB

IC bentuk kotak/persegi berwarna hitam "chip", banyak ditemukan di seluruh perangkat elektronik. Chip terhubung bersama untuk digunakan sebagai gerbang logika, op amp, 555 timer, regulator tegangan, motor controller, mikrokontroler, mikroprosesor, VGA card dls.


Dalaman IC
Ketika kita berpikir sebuah IC berbentuk kotak hitam, terbesit apa sebenarnya isi di dalamnya? 


IC yang dibongkar sisi atasnya.

IC adalah lapisan kompleks wafer yang terbuat dari semikonduktor, tembaga dan bahan lainnya yang interkoneksi untuk membentuk transistor, resistor, atau komponen lain dalam satu rangkaian terpadu.






Ic yang diperbesar

IC itu sendiri sangat kecil, apalagi wafer semikonduktor dan lapisan tembaganya sangat tipis, hubungan antar lapisan sangat rumit. Berikut bagian dalam sebuah IC yang diperbesar



IC dalam ukuran micro, terlalu kecil untuk disambung dan disolder. Untuk menghubungkan inti IC dengan mudah, produsen memasang kawat kawat atau kaki kaki ic dan dikemas dalam berbagai bentuk paket IC.

Paket IC
Dengan paket IC kita mudah melakukan koneksi disetiap kaki IC. Dikarenakan kaki kawat yang terbuat dari emas sudah patent terhubung di inti IC. Ada berbagai jenis paket, masing-masing memiliki ukuran yang berbeda beda, cara pemasangan dan nomor pin.





Menandai Polaritas dan Penomoran Pin IC
Semua IC terpolarisasi, dan setiap pin adalah unik baik dari lokasi dan fungsi. sangatlah penting untuk mengetahui nomor pin dan fungsinya, kita bisa search datasheet ic. Berikut menggunakan dot untuk menunjukkan pin pertama.



Setelah Anda tahu di mana pin pertama, maka nomor pin selanjutnya adalah nomor 2, 3 dst, urutannya berlawanan arah jarum jam.

Model Pemasangan IC

Salah satu yang membedakan jenis paket IC adalah karakteristik utamanya dalam pemasangan pada papan pcb (printed circuit board). Paket IC menggunakan satu dari dua jenis pemasangan bisa melalui lubang (PTH) atau surface mount (SMD atau SMT). 






IC  dengan jenis pemasangan PTH






IC  dengan jenis pemasagan SMD

Paket IC  PTH umumnya lebih besar, dan lebih mudah dikerjakan lansung secara manual dengan tangan tangan manusia.
Sedangakan paket SMD memiliki berbagai ukuran, dari yang kecil hingga sangat kecil. IC ini dirancang untuk dipasang di salah satu sisi PCB dan disolder dengan uap panas.




IC SMD / SMT tidak dianjurkan dan sulit dikerjakan dengan manual. IC jenis ini biasanya membutuhkan alat khusus untuk membantu dalam proses pemasangan dan penyolderan.

IC DIP (paket dual in-line)
DIP adalah paket dual in-line, Paket IC PTH ini yang paling umum kita temukan. Chip ini memiliki dua baris pin paralel dalam posisi tegak lurus.



28-pin ATmega328 adalah salah satu IC yang populer dengan kemasan DIP.

Masing-masing pin pada DIP IC memiliki spasi 0,1 "(2.54 mm), yang merupakan jarak standar dan cocok untuk dipasangkan ke breadboards dan papan prototyping lainnya.

Dimensi keseluruhan paket DIP tergantung pada jumlah pin, bisa dari empat pin sampai 64 pin. Pemasangan Ic di breadboard cocok dengan setiap kaki ic yang jarak dan ukuran pin sudah terstandarisasi.





Selain digunakan di breadboards, IC DIP juga dapat disolder ke PCB dengan cara kaki kaki IC dimasukkan ke salah satu sisi papan. Kadang-kadang tidak harus langsung disolder ke kaki IC, kita bisa memanfaatkan socket chip. Menggunakan soket memungkinkan untuk IC DIP aman dari panas dan kesalahan pin yang bisa merusak IC.



DIP socket (atas) dan soket ZIF dengan dan tanpa IC.

Paket Surface Mount (SMD / SMT)
Ada berbagai macam jenis paket surface mount. Untuk bekerja dengan IC kemasan surface mount. Anda biasanya membutuhkan papan kustom  PCB  yang kusus dibuat untuk IC dan memiliki pola sirkuit yang cocok.

Berikut adalah beberapa jenis paket yang lebih umum  dipasaran yaitu 

Jenis SSOP adalah versi lebih kecil.
 



Multiplexer 16-Channel ( CD74HC4067 ) dalam paket SSOP 24-pin terpasang pada pcb (ukuran-perbandingan uang cen USA dan paket ssop).

Banyak lagi jenis IC yang lebih sederhana, IC tunggal ini berorientasi pada tugas kusus seperti MAX232 atau multiplexer yang dirancang dalam bentuk SOIC atau SSOP.

Paket IC QFP
IC ini memiliki pin di keempat arah terlihat seperti paket datar quad (QFP). IC QFP memiliki delapan pin per sisi (total 32  pin). Pin pada sebuah QFP IC biasanya memiliki spasi dari 0.4mm ke 1mm. varian lainnya yang lebih kecil dari paket QFP standar dan agak tipis adalah (TQFP), sangat tipis (VQFP), dan paket low-profile (LQFP).

ATmega32U4 dalam 44-pin (11 pin di setiap sisi) paket TQFP.

Jika kita ampelas kaki kaki QFP IC, kita akan mendapatkan model ic no-lead (QFN) paket quad-datar. Koneksi untuk paket QFN kecil, dan ada bantalan di sudut tepi bawah IC.






IC Ball Grid Array  
Ball grid array adalah paket ball grid array (BGA). Ini adalah paket kecil yang luar biasa, paket kecil yang rumit di mana terdapat bola-bola kecil untuk solder disusun dalam kotak 2-D pada bagian bawah IC. Kadang kadang bola solder melekat patent.






Paket BGA biasanya tersedia untuk mikroprosesor canggih, seperti Raspberry Pi. Biasanya untuk merakit paket ini ke PCB membutuhkan prosedur otomatis yang melibatkan teknik pick dan dipasang menggunakan mesin dan oven reflow. 

IC umum
IC yang yang banyak dipakai pada rangkaian elektronika umum seperti untuk para hobi. IC ini bisa berisi gerbang logika, timer atau shift register

Gerbang logika, blok IC dibuat sendiri sendiri, dapat dikemas ke dalam IC. Beberapa IC gerbang logika mungkin berisi beberapa gerbang dalam satu paket, seperti berikut ini gerbang AND dengan 4 input



gerbang logika dapat dihubungkan dalam sebuah IC untuk membuat timer, counter, register geser, dan sirkuit logika dasar lainnya. Sebagian besar sirkuit sederhana dapat ditemukan di paket DIP, serta SOIC dan SSOP.

Mikrokontroler dan Mikroprosesor
Mikrokontroler dan mikroprosesor dibuat dari ribuan kemasan, jutaan, bahkan milyaran transistor dalam satu chip kecil, semua sirkuit terintegrasi. Komponen-komponen ini ada dalam berbagai fungsi, kompleksitas, dan ukuran mulai dari mikrokontroler 8-bit seperti ATmega328 atau yang lebih kompleks terpasang di CPU komputer kita.

sensor -sensor menggunakan ic
Sensor digital modern, seperti sensor suhu dht11, akselerometer , dan giroskop umumnya dikemas dalam paket ic. 



IC ini biasanya lebih kecil dari mikrokontroler dan lebih kecil dari IC yang terpasang di pcb, jumlah pinnya antara 3-20. IC sensor dengan kemasan DIP jarang ada dipasaran, kebanyakan komponen modern biasanya dalam bentuk QFP, QFN, bahkan paket BGA.


Sobat juga bisa membaca artikel mengenai transformator di blog ini. semoga bermanfaat..salam :)