Mengenal IC 555 -->

Mengenal IC 555

Sorayakit
23 March 2017

Hari ini, saya akan berbagi tentang IC NE 555, IC ini adalah salah satu komponen yang dikususkan untuk rangkaian pewaktu yang nantinya bisa dipakai untuk berbagai macam aplikasi seperti lampu flip flop, water level atau bell. 


IC ini dapat menghasilkan penundaan waktu dan osilasi yang tepat. Interval waktu dapat di kontrol menggunakan resistor dan kapasitor yang dipasang di kaki kaki ic, dengan kapasitas beberapa mico farad dan tahanan beberpa ohm kita mampu  mengontrol siklus dan frekuensi output dari pin ic ne 555

Output NE555  mampu menahan arus hingga 200mA  di outputnya pin no 3 dan bisa bekerja pada tegangan mulai dari 5V hingga 15V pada pin nomor 8



IC NE 555 ditunjukkan pada gambar di bawah ini, memiliki delapan pin, empat kaki di sisi kiri IC dan empat sisanya disisi kanan IC. 






Berikut nama kaki di setiap pin ic dari nomor urut 1 sampai 8. Nomor urut  1 disetiap IC biasa ditandai dengan adanya lubang kecil seperti titik bulat .







Selain berkaki 8 ic 555 ada juga berkaki 14 yang merupakan gabungan dari 2 ic 555

Paket NE555 memiliki banyak kemasan atau packaging diantaranya pdip (sebelah kiri atas) dan soic sebelah kanan bawah) sobat bisa memilih sesuai dengan model pcb yang digunakan. Sobat bisa memulai untuk membuat rangkain lampu flip flop ne 555 menggunakan schematic dibawah ini:

           


Berikut contoh simulasi nya:

Sirkuit Timer IC 555 Monostable

Durasi On 55.000 ms
Your browser does not support HTML5 Canvas.





Sobat juga bisa membaca artikel mengenai transformator di blog ini. demikian pengenalan ic 555 semoga membantu, salam

sumber wikipedia