Kode warna resistor -->

Kode warna resistor

Sorayakit
16 August 2020


Pada box seleksi bawah ini merupakan pilihan warna resistor untuk melihat nilai tahanan sesungguhnya. Resistor umumnya menggunakan kode pita/ gelang warna untuk mewakilkan nilai tahanan. Sebagian besar resistor ini akan memiliki empat pita warna yang mengelilingi badan resistor. Dua pita/garis warna pertama menunjukkan nilai resistor. Pita ketiga adalah jumlah nol. Pita terakhir menunjukkan toleransi resistor. Nilai tahanan resistor tidak persis sama dengan nominalnya tetap ada toleransi tahanan lebih atau kurang dari nilai nominalnya. Pita terakhir adalah pita toleransi umumnya berwarna perak atau emas.

Resistor 4 Pita Warna
Pita 1
Pita 2
Pita 3
Pita 4










 Nilai tahanan resistor bisa sangat besar seperti 1 juta ohm, untuk memudahkan pembacaan nilai-nilai tahanan yang besar atau lebih kecil dari ohm dipakai satuan standar internasional/SI seperti kilo ohm, mega ohm, atau giga ohm. Berikut ini merupakan tabel dari masing-masing warna, nilai, multiplier dan toleransi resistor



Berikut satu contoh pembacaan resistor dengan tahanan 27k  ohm dengan empat pita warna.



Ada tampak warna emas yang berarti pita terakhir, maka pita warna pertama tentunya warna mrah kemudian ungu dan orange. Pita kesatu dan kedua 2 dan 7 kita tulis 27, lalu Pita ketiga orange, yang berati jumlah “0” ada dua(orange)= 00 lalu kita kali  47 x 1000 adalah 2700 ohm. Dengan satuan kilo didapat 27 k ohm. Di skematik biasa ditulis menjadi 27k. Tahanan resistor juga bisa didapat dengan cara kombinasi beberapa resistor dalam rangkaian seri dan paralel. Tips menghapal warna... sobat bisa coba Mejikuhibiniu ... :)