Cara Instalasi Node Js di Windows -->

Cara Instalasi Node Js di Windows

Sorayakit
12 November 2016

Kali ini penulis akan membagikan tutorial cara instalasi Node Js kususnya untuk windows, untuk platform lain seperti Linux penulis belum bahas disini, untuk yang belum mengenal Node js bisa ke pengenalan node js

Node Js Gratis di download
Bahasa pemrograman Node Js adalah bahasa pemrograman open source gratis dan sudah boming sejak 2010an, penulis bikin agak detil proses instalasinya dengan harapan mudah diikuti.

Install Node js
Instalasi Node JS  cepat & ringan ukuran  hanya beberapa puluh MB saja. Node Js sudah satu paket dengan NPM (Node Packet Manager) sekali install Node’nya.. maka NPM’nya ikut terinstall.

Memulai instalasi node js
Saya disini pakai windows 7 professional dengan system 64 dan login sebagai administrator, hindari login sebagai user.

1. Untuk mulai download buka web resmi’nya Node js, di https://nodejs.org/en/ setelah tampil halaman mukanya ada 2 pilihan “LTS” dan “Current” pilih yang LTS (long term service) yang dibulat merah, kenapa pilih LTS? Jawaban simpelnya karna direkomendasikan oleh pengembang dan merupakan versi stabil, dimana versi yang gak perlu update fitur fitur terbaru setiap beberapa bulan. Versi LTS awalnya untuk perusahaan perusahaan yang pakai bahasa pemrograman open source dengan pertimbangan mereka gak mau repot ganti ganti versi terbaru tiap saat tapi tetap disupport jika ada masalah seperti adanya bug.

2. Setelah tampil klik” V6.9.1 LTS.. “ tanda panah bawah merah “x64” otomatis menyesuaikan sistem yang kita pakai.

3. Tampil dialog box seperti tampak dibawah klik “Simpan berkas”  maka otomatis file di download ke pc.


4. Tunggu beberapa saat proses download, setelah selesai cari lokasi folder download .. penulis pakai browser Firefox tampilan seperti screen dibawah...”klik panah bawah” yg dilingkar merah”


5.  Klik kanan lalu klik “Buka foldernya”  

6. Setelah folder download tampil, klik kanan file Node-v6.9.1 yang sudah didownload tadi lalu klik “Install” lalu klik “Run” tunggu beberapa saat tampil dialog box “Preparing to install”



7. Setelah tampil dialog box Node js Setup dibawah ini, klik “Next”..


8.  Kita diminta untuk membaca dengan seksama License agrement jika setuju klik “I accept”  lalu klik “Next”


9. Tampil destination folder default, jika tidak mau merubah lokasi folder node klik “Next”.   kemudian tampil dialog box custom setup  tampak fiture yang akan diinstall  Node, Npm, path ...  klik “Next”





10. Selanjutnya akan tampil dialog box Ready to Install klik “Install” tunggu hingga tampil dialog box completed the node js setup wizard...

11.  Klik “Finish” menandakan proses instalasi telah selesai.


12. Kemudian kita meluncur ke menu klik “Start” windows ..cari “All programs”...lalu cari folder Node Js...  seperti tampak screen dibawah pilih dan klik “ Node Js Command prompt” jangan kebalik, bukan command prompt windows ya :)
  


13. Akan tampil screen Node js command prompt... ketikkan:

node –v

jika instalasi node sukses akan direspon nomor versi misal “v6.9.1”  versi Node js yang penulis download (versi LTS)



14.    Lanjutkan cek versi NPM ketikkan:

npm –v

jika instalasi NPM sukses akan direspon versi npm misal “v3.10.8”
yang telah didownload 1 paket dengan Node js LTS 


 Sampai jumpa di artikel node js selanjutnya, semoga bermanfaat.. :)